(p3m.stiba.ac.id) Makassar – Dosen STIBA Makassar Ustaz H. Kasman Bakri, S.Pd.I., S.H.I., M.H.I. berhasil meraih gelar doktor pada Program Studi Dirasah Islamiyah Konsentrasi Syariah dan Hukum Islam. Ustaz Kasman berhasil meraih predikat cumlaude (nilai 4.0) setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Dinamika Politik Muhammadiyah dan Relevansinya dengan Negara Perspektif Fikih Siyasah.

Sekretaris Senat STIBA Makassar ini mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dewan penguji dengan memukau. Dewan penguji yang beranggotan sembilan orang tersebut terdiri dari:

Prof. H. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D. (Rektor UIN Alauddin Makassar/Ketua Sidang)
Prof. Dr. H. M. Ghalib M., M.A. (Dir. PPs. UIN Alauddin Makassar/Sek. Sidang)
Prof. Ali Munhanif, M.A., Ph.D. (Dekan Fisip UIN Syarif Hidayatullah Jakarta / Penguji Eksternal)
Prof. Dr. H. Ambo Asse, M.Ag. (Promotor)
Prof. Dr. Darussalam Syamsuddin, M.Ag. (Co. Promotor)
Prof. Dr. H. Kasjim Salenda, S.H., M.Th.I. (Co. Promotor)
Prof. Dr. H. A. Qadir Gassing, H.T., M.S. (Penguji Utama)
Prof. Dr. H. Lomba Sultan, M.A. (Penguji Utama)
Dr. Hj. Indo Santalia, M.Ag. (Penguji Utama)
Ustaz Kasman banyak mendapat ucapan selamat dari sesama dosen STIBA Makassar, termasuk Ketua STIBA Makassar Ustaz Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. dan MIUMI Sulawesi Selatan.

Mantan Wakil Ketua I Bidang Akademik STIBA Makassar tersebut mengatakan bahwa rihlah ilmiah akademik hingga di titik akhir dalam program studi doktoral ini merupakan karunia Allah yang tak terhingga. Di samping dukungan terbaik dari orang tua, keluarga, dan banyak pihak yang memberikan doa dan motivasi.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Umum Wahdah Islamiyah, Ketua Harian DPP WI, Ketua-ketua Dewan WI, Ketua YPWI, Ketua Senat STIBA Makassar, dan Ketua STIBA Makassar yang telah memberikan dukungan riil maupun moril, izin dan restu kepada ana untuk melanjutkan studi S3,” ujarnya setelah berhasil menyelesaikan Ujian Terbuka Disertasinya secara daring, (25/08).

Hal senada juga ia sampaikan kepada seluruh asatidzah dan ustadzat Wahdah Islamiyah secara umum, para dosen STIBA, dan civitas academica STIBA Makassar secara khusus yang telah berkontribusi dalam memberikan doa dan motivasi baginya sehingga perjalanan akademiknya berakhir dengan mencapai hasil yang sesuai harapan.

“Lakum minni jaziil as-syukur wa ahsan at-taqdiir,” pungkasnya.

Sumber: stiba.ac.id

Tinggalkan Balasan