(p3m@stiba.ac.id)-Makassar. Pada hari Sabtu, 8 Safar 1442 H atau bertepatan dengan 26 September 2020 M Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STIBA Makassar telah melaksanakan Pelatihan Reference Management (Mendeley).

Pelatihan pengoperasian Mendeley ini diselenggarakan atas dasar kebutuhan institusi dan civitas academica terhadap dunia publikasi ilmiah hari ini. Dalam dunia perjurnalan sendiri, tuntutan akan kualitas paper dan tindakan preventif terhadap “kenakalan plagiasi” seorang penulis wajib diterapkan. Untuk itu, penggunaan aplikasi manajemen referensi ini dapat menunjang hal tersebut.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan Ketua STIBA Makassar yang menghaturkan terima kasih atas ikhtiar dan pencapaian P3M selama ini, utamanya pada torehan Jurnal Nukhbatul ‘Ulum (NU) yang berhasil menyandang predikat Sinta 3 secara nasional.

Dr. Ahmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A. dalam sambutannya juga menuturkan bahwa siap mendukung penuh segala usaha P3M yang bertujuan untuk pengembangan institusi, kompetensi dosen, dan juga kualitas luaran mahasiswa. Adapun di akhir sambutannya, beliau menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STIBA Makassar atas pengelolaan Jurnal Nukhbatul ‘Ulum dan terkhusus kepada editorial board Jurnal Nukhbatul ‘Ulum. Penyerahan piagam perhargaan tersebut secara simbolis diserahkan kepada Kepala P3M dan para editor jurnal.

Akbar Haseng, M.Th.I. yang bertindak sebagai pemateri pada pelatihan ini mengawali suguhan materinya dengan memperkenalkan fitur-fitur Mendeley, sembari memotivasi para peserta bahwa membuat akun Mendeley sama dengan membuat akun Elsevier/Scopus.

Setelah memperkenalkan berbagai fitur dalam aplikasi Mendeley, beliau kemudian mengajak para peserta agar melakukan praktik langsung di laptop masing-masing.

Pada akhir acara, para peserta memiliki kesan positif akan pentingnya pemanfaatan Mendeley dalam menunjang performa penulisan paper dan kualitas publikasi karya ilmiah.

Posted by. Asw.

Tinggalkan Balasan