(p3m@stiba.ac.id)-Makassar. Pada hari Rabu, tanggal 26 Rajab 1442 H atau bertepatan pada tanggal 10 Maret 2021 M, STIBA Makassar mengadakan kegiatan Seminar Hasil Penelitian STIBA Makassar.

Seminar Hasil Penelitian ini merupakan bagian dari program kerja Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) dan untuk pertama kalinya diadakan di STIBA Makassar.

Penelitian yang dibagi ke dalam dua tim ini, masing-masing melibatkan Ustaz Ronny Mahmuddin, Lc., M.A. dan Ustaz Syandri Syaban, Lc., M.Ag. beserta para anggota masing-masing dari kedua tim.

Seminar Hasil Penelitian ini juga menghadirkan dewan penguji yaitu adalah Ustaz Dr. Ahmad Hanafi Dain Yunta, Bapak Marwan, Ph.D., dan Ustaz Dr. Khaerul Akbar.

Pada sesi presentasi, Ustaz Ronny Mahmuddin, Lc., M.A. dengan judul penelitian “Persepsi Dosen tentang Problematika Pengajaran Bahasa Arab dan Solusinya di Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar”, memaparkan bahwa ada beberapa faktor dan solusi terkait problem yang dialami oleh mahasiswa dalam berbahasa arab.

Di sisi lain, Ustaz Syandri Syaban, Lc., M.Ag. dengan judul penelitian “Analisis Keterlibatan Mahasiswa dalam Lembaga Kemahasiswaan dan Efektivitasnya dalam Dakwah” juga memaparkan faktor-faktor penyebab masih kurangnya keaktifan para alumni dalam kegiatan dakwah secara langsung kepada masyarakat, dan beberapa poin yang bisa menjadi solusi atas problem tersebut.

Seminar Hasil Penelitian yang dilaksanakan di Gedung Rektorat STIBA Makassar dan berlangsung dari pukul 13.15 WITA-15.30 WITA ini, mendapat apresiasi yang tinggi dari para dewan penguji berkat kinerja yang maksimal dari kedua tim penelitian.

Diharapkan dengan adanya kegiatan penelitian ini, sivitas akademika STIBA Makassar dapat lebih optimal dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. STIBA Makassar akan mengalokasikan dana hibah penelitian sebagai stimulus untuk pengembangan bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Posted by. Ihsan.

Tinggalkan Balasan