(p3m@stiba.ac.id)-Makassar. Dalam melanjutkan program kerjanya, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STIBA Makassar kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Penulisan Proposal, Instrumen, dan Laporan Penelitian.

Sebelumnya, penelitian (research) merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam dunia akademisi. Secara umum, kegiatan penelitian adalah suatu proses penyelidikan yang dilakukan secara aktif, tekun, dan sistematis, yang tujuannya untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Maret 2021) atau bertepatan dengan tanggal 6 Syakban 1442 H dan menghadirkan narasumber yaitu bapak Iqbal, S.Hum., M.Hum. Beliau adalah pengelola Jurnal “Rihlah” UIN Alauddin Makassar dan merupakan anggota LPPM IAIN Palangkaraya pada tahun 2016-2018.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan unsur-unsur dan metode apa saja yang perlu diketahui dan dipersiapkan dalam memulai sebuah penelitian. Selain itu, beliau juga berbagi pengalaman ketika melakukan penelitian di lapangan, mengingat beliau salah satu penerima Hibah Penelitian dari Kemenag RI.

Para peserta dalam kegiatan Pelatihan Penulisan Proposal, Instrumen, dan Laporan Penelitian ini merupakan civitas academica STIBA Makassar.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 WITA-selesai ini, diikuti oleh para peserta secara luring di Gedung Rektorat STIBA Makassar dengan penerapan protokol kesehatan maupun secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Pelatihan Penulisan Proposal, Instrumen, dan Laporan Penelitian ini, akademisi STIBA Makassar lebih memahami dan memperkuat wawasan seputar unsur dan metode penelitian, sehingga lebih mengoptimalkan dalam meneliti ataupun membimbing mahasiswa saat melakukan sebuah penelitian.

Posted by. Ihsan.

Tinggalkan Balasan