Pada tanggal 1 Muharam 1443 H yang bertepatan tanggal 10 Agustus 2021 M, salah satu jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIBA Makassar, Al-Bashirah: Journal of Islamic Studies resmi memperoleh ISSN (International Standard Serial Number) online dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Dalam dunia publikasi ilmiah secara berkala berbasis online atau OJS (open journal system), maka ISSN online memiliki fungsi serupa dengan ISBN (International Standard Book Number) pada buku cetak.

Perbedaannya hanya terletak pada jumlah digit, dan badan internasional yang berwenang menerbitkan antara ISSN dan ISBN.

Dari sisi jumlah digit, ISSN sendiri umumnya terdiri dari kombinasi 8 angka dan huruf X, sementara ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit. Selain itu, lembaga resmi yang berwenang mengeluarkan ISSN diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. Sementara ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di London, Inggris.

ISSN online yang resmi diperoleh Al-Bashirah: Journal of Islamic Studies ini paling tidak memiliki 2 (dua) fungsi vital dalam proses pengembangan jurnal ke depannya, yaitu:
1) Sebagai identitas, yang mana digit ISSN Al-Bashirah: Journal of Islamic Studies dapat mudah diidentifikasi sebagai sebuah lembaga publikasi ilmiah secara berkala yang kredibel dan profesional;
2) Prasyarat pengajuan akreditasi ilmiah, yang jika tanpa ISSN, maka Al-Bashirah: Journal of Islamic Studies sulit diajukan ke database bereputasi, baik lembaga pengindeks nasional dan internasional.

Posted by. Asw.

Tinggalkan Balasan