Pada tanggal 23 Muharam 1443 H/ 31 Agustus 2021 M, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STIBA Makassar menerima kunjungan tim Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjajaki peluang kerja sama dan diskusi pengembangan pengelolaan Rumah Jurnal STIBA Makassar. Kunjungan juga dihadiri langsung oleh Ketua RJI Sulsel, Ilham Bakhtiar, M.Pd., bersama rekannya, M. Ihsan, M.Pd.

Dalam lawatannya, tim RJI Sulsel memandang bahwa pegelolaan Rumah Jurnal STIBA Makassar sejauh ini sudah dilakukan dengan sangat baik. Bahkan, Ilham menuturkan bahwa Al-Bashirah: Journal of Islamic Studies, salah satu jurnal STIBA Makassar, dapat dikembangkan menjadi jurnal internasional.

Pada kesempatan ini, Kepala P3M STIBA Makassar juga memperkenalkan tiga jurnal lainnya yang dikelola dalam Rumah Jurnal STIBA Makassar kepada tim RJI Sulsel, yakni Nukhbatul ‘Ulum: Jurnal Bidang Kajian Islam, Bustanul Fuqaha: Jurnal Bidang Hukum Islam, dan Wahatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Terkhusus untuk jurnal Wahatul Mujtama’ (WM), Ilham yang juga berperan sebagai Editor in Cheif (EiC) pada jurnal Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, menilai bahwa WM berpeluang memperoleh akreditasi jurnal nasional hingga peringkat 3, dengan beberapa catatan pembenahan.

Di akhir sesi diskusi, Kepala P3M STIBA Makassar langsung menginisiasi penguatan relasi dengan menyodorkan draf Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama dalam pengelolaan jurnal ilmiah berbasis OJS (Open Journal System) di lingkungan STIBA Makassar kepada RJI Sulsel.

Posted by. Asw.

Tinggalkan Balasan