Peningkatan kualitas dan kuantitas jurnal ilmiah merupakan suatu hal yang penting dalam rangka mewujudkan perguruan tinggi menjadi sebuah universitas riset.

Peningkatan kualitas pengelolaan jurnal, khususnya melalui Open Journal System (OJS) ini juga menjadi penting karena menjadi media diseminasi hasil-hasil penelitian yang relatif efektif dan efisien.

Sesi Pemaparan Materi Pengantar

Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kompetensi para dosen di bidang publikasi ilmiah melalui OJS, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar menggelar “Wokshop Bersahabat dengan OJS” dengan tema “Mengenal dan memahami seluk beluk publikasi artikel ilmiah melalui OJS“ pada Rabu (9/3/2022), bertempat di Lantai 4, Gedung Rektorat, STIBA Makassar.

Sesi Praktik Submission Artikel di OJS

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 40 orang perserta yang terdiri dari dosen dan pengelola STIBA Makassar, laki-laki dan perempuan. Dalam pemaparannya, ustaz Dr. Khaerul Akbar selaku narasumber, menyampaikan pentingnya keterampilan dan kompetensi ini bagi para dosen dan pengelola yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang pascasarjana. “Bagi para dosen, semua publikasi jurnal ilmiah yang dapat diakui sebagai kinerja dosen saat ini adalah yang terbit di OJS,” ungkapnya.

“Sementara untuk para mahasiswa di jenjang pascasarjana, publikasi jurnal ilmiah di OJS, menjadi salah satu syarat kelulusan,” tambahnya.

Narasumber juga mengungkapkan bahwa OJS ini sangat bermanfaat dalam mengelola jurnal ilmiah karena dapat mengotomatisasikan proses pengiriman artikel (submission), editing, review, revisi, diskusi antara reviewer dengan editor, diskusi antara editor dengan penulis, dan lain-lain yang terkait dengan pengelolaan jurnal.

Tinggalkan Balasan