Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar melalukan kunjungan Studi Banding ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada Senin (28/3/2022), bertempat di Gedung LP2M Kampus 2 UIN Alauddin Makassar, Jalan H.M. Yasin Limpo No. 36, Gowa.

Dalam kunjungan ini, P3M STIBA Makassar diwakili oleh Dr. Khaerul Akbar selaku Kepala P3M STIBA Makassar, Sirajuddin, S.Pd.I., S.H., M.H. selaku Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat P3M STIBA Makassar, dan ustaz Awal Rifai, Lc. selaku Sekretaris P3M STIBA Makassar. Sementara itu, pihak LP2M UIN Alauddin Makassar diwakili oleh bapak Prof. Dr. H. Muhammad Ramli, M.Si. selaku Ketua LP2M UIN Alauddin Makassar, bapak Prof. Dr. Mahmuddin, M.Ag. selaku Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Alauddin Makassar, bapak Dr. H. Supardin, M.H.I. selaku Kepala Pusat Peradaban Islam LP2M UIN Alauddin Makassar, dan didampingi beberapa staf LP2M UIN Alauddin Makassar.

Ustaz Khaerul mengawali kunjungan tersebut dengan menyampaikan tujuan utama kegiatan ini yaitu untuk belajar dan menggali informasi penting dari LP2M UIN Alauddin Makassar terkait dengan program dan capaian kinerja lembaga tersebut. Ustaz Khaerul, yang juga alumni program doktoral dari UIN Alauddin Makassar ini, kemudian memperkenalkan P3M STIBA Makassar secara singkat kepada Ketua LP2M UIN Alauddin Makassar.

Ketua LP2M UIN UIN Alauddin Makassar menyambut baik kunjungan tersebut. Beliau mengawali pertemuan dengan menyampaikan sekilas tentang LP2M yang memiliki lima pusat, yaitu: Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen), Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM), Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA), Pusat Kajian Islam, Sains dan Teknologi (Puskaistek), dan Pusat Peradaban Islam (Pusdabis). “Kami berharap bisa bekerja sama dengan STIBA Makassar pada bidang dwidarma perguruan tinggi dan merencanakan suatu waktu bisa berkunjung ke STIBA Makassar dalam rangka menindaklanjuti pertemuan hari ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusdabis LP2M UIN Alauddin Makassar turut menyampaikan hal-hal terkait bidang peradaban, sekaligus berharap dapat bekerja sama dengan STIBA Makasar khususnya dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa. Kepala Puslitpen LP2M UIN Alauddin Makassar juga menyatakan bahwa kebijakan ketua LP2M UIN Alauddin Makassar saat ini adalah berupaya lebih meningkatkan penelitian yang sifatnya kajian agama daripada kajian umum, sebab kajian agama lebih identik dengan karakteristik UIN Alauddin Makassar. “STIBA Makassar adalah institusi yang diharapkan dapat mengawal ajaran Islam agar terhindar dari penyimpangan- penyimpangan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan