Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar kembali melalukan kunjungan Studi Banding ke Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar pada Senin (13/6/2022), bertempat di Kantor LP3M Kampus Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin No.259 Makassar, Indonesia.

Dalam kunjungan ini, P3M STIBA Makassar diwakili oleh Dr. Khaerul Akbar selaku Kepala P3M STIBA Makassar, Sirajuddin, S.Pd.I., S.H., M.H. selaku Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat P3M STIBA Makassar, dan ustaz Awal Rifai, Lc. selaku Sekretaris P3M STIBA Makassar. Sementara itu, pihak LP3M UIN Alauddin Makassar diwakili oleh bapak Dr. Ir. H. Abubakar Idhan, M.P. selaku Ketua LP3M Unismuh Makassar dan didampingi oleh staf LP3M Unismuh Makassar.

Ustaz Khaerul mengawali kunjungan tersebut dengan memperkenalkan P3M STIBA Makassar secara singkat kepada Ketua LP3M Unismuh Makassar. Di awal kunjungan tersebut, ustaz Khaerul menyampaikan tujuan utama kegiatan ini yaitu untuk menggali informasi penting dari LP3M Unismuh Makassar terkait dengan program dan capaian kinerja lembaga tersebut di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh civitas academica Unismuh Makassar.

Ketua LP3M Unismuh Makassar menyambut baik kunjungan tersebut. Beliau menyampaikan beberapa poin terkait dengan penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan Unismuh Makassar. Menurutnya, beberapa hasil penelitian dosen Unismuh Makassar diterapkan dalam bentuk PkM dan hasilnya dipublikasikan di jurnal pengabdian masyarakat. Dosen-dosen yang lemah dalam hal penelitian sebaiknya dilibatkan terlebih dahulu sebagai anggota tim peneliti. Selain itu, ia juga memandang bahwa setiap program kerja yang dirancang dan dilaksanakan, harus memenuhi sembilan kriteria penilaian pada borang akreditasi. Di akhir sesi, Bapak Dr. Abubakar mengingatkan agar STIBA Makassar perlu melakukan registrasi untuk dapat mengakses dan memperoleh bantuan dana penelitian dari kementerian-kementerian terkait.

Tinggalkan Balasan