Salah satu aspek dalam tridarma perguruan tinggi yang wajib diemban oleh dosen adalah melakukan penelitian.Hasil dari penelitian yang dilakukan hendaknya dipublikasikan dalam bentuk karya tulis ilmiah, agar dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi ilmiah bagi dunia pendidikan tinggi.

Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemudahan bagi para dosen dalam menuliskan hasil penelitian, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar menggelar “Wokshop Aplikasi Mendeley” pada Sabtu (13/8/2022), bertempat di Lantai 4, Gedung Rektorat, STIBA Makassar.Workshop yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari ini diikuti oleh 37 orang peserta yang terdiri dari dosen dan pengelola STIBA Makassar.

Dalam Workshop ini, Dr. Khaerul Akbar selaku narasumber, terlebih dahulu menjelaskan secara singkat tentang Mendeley itu sendiri lalu memperkenalkan fitur-fitur pada programnya serta cara menggunakannya dalam pengumpulan referensi dan penulisan referensi karya ilmiah.

Dr. Khaerul Akbar yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat P3M STIBA Makassar ini mengungkapkan bahwa dengan menggunakan aplikasi Mendeley para dosen dan mahasiswa sangat terbantu dalam proses pengumpulan dan penulisan referensi penelitian.

Peserta workshop mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias sebab melihat manfaat yang diperoleh bagi para dosen dalam melaksanakan tugas penelitiannya.