Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar menggelar kegiatan bertajuk “Sosialisasi Pengenalan dan Pembuatan Akun Sinta” yang bertempat di lantai 4 gedung rektorat kampus STIBA Makassar pada Sabtu 11 Februari 2023.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka upaya peningkatan kualitas civitas academica STIBA Makassar yang diharapkan juga menunjang nilai akreditasi institusi.

Kegiatan ini mengundang seluruh dosen yang telah memiliki NIDN maupun yang sementara proses pengajuan NIDN.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik STIBA Makassar, Dr. Kasman Bakry, M.H.I. yang dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting dalam rangka pengontrolan dan penertiban administrasi dosen khususnya yang berkaitan dengan karya-karya ilmiah. “Mayoritas dosen STIBA Makassar adalah alumnus kampus Timur Tengah dan belum terbiasa dengan hal-hal yang bersifat administratif legal formal, sehingga perlu diberikan gambaran untuk menunjang profesionalismenya sebagai dosen, salah satunya adalah kepemilikan ID Sinta”, ungkap Dr. Kasman.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini ialah Koordinator Wilayah IX Verifikator Sinta, Dr. Mustaking Muhlab, Sos., M.Si. Materi yang disampaikan antara lain adalah sejarah lahirnya Sinta serta pentingnya bagi dosen memiliki ID Sinta, dan yang lebih penting adalah mengisi ID Sinta tersebut dengan karya dan buah pikiran dosen terkait penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah, dan karya intelektual.

Di akhir sesi kegiatan dilakukan coaching dan praktik pembuatan ID Sinta bagi yang belum memiliki akun serta beberapa hal terkait dengannya.

Peserta kegiatan mengikuti sosialisasi ini dengan sangat antusias karena narasumber membawakan materi secara lengkap dan komprehensif yang sangat bermanfaat bagi para dosen dalam melaksanakan tugasnya.