Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar kembali menggelar kegiatan Daurah Syar’iyah dengan mengangkat tema “Sifat Salat Nabi Prespektif Empat Mazhab” pada Ahad, (16/07/2023).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bekerja sama dengan DPW dan Muslimah Wahdah Wilayah Jawa Tengah, yang diselenggarakan secara virtual melalui media Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Ustaz Elan Kurniawan, S.H., M.Kn. selaku Ketua DPW Wahdah Islamiyah Jawa Tengah menyampaikan pentingnya bagi kader mengikuti kegiatan ini sebagai bekal dalam memberikan pencerahan kepada umat.

“Pandangan para imam mazhab mengenai sifat salat Nabi sangatlah penting untuk diketahui, khususnya bagi kita para kader dan dai Wahdah Islamiyah. Tentu dengan memahami hal tersebut, diharapkan agar menjadi bekal untuk semakin memberikan pencerahan kepada umat tentang bagaimana sifat salat Nabi dilihat dari perbedaan ulama mazhab”, ungkapnya.

Ustaz Rustam Koly, Lc., M.A., Ph.D. selaku narasumber dalam kegiatan ini juga menegaskan bahwa mempelajari sifat salat Nabi ditinjau dari perspektif empat mazhab seharusnya membuat kita semakin berlapang dada dalam menerima setiap perbedaan.

“Perbedaan para imam mazhab dalam memahami sifat salat Nabi seharusnya membuat kita berlapang dada dengan perbedaan tersebut. Bukan sebaliknya, kita justru fanatik bahkan sampai menyalahkan orang yang berbeda dengan kita”, tegas dosen STIBA Makassar tersebut.

Lebih lanjut, ustaz Rustam dalam materinya menyampaikan secara rinci bagaimana sifat salat Nabi dimulai dari niat sampai salam, juga dengan perbedaan-perbedaan yang ada menurut empat imam mazhab di dalamnya.

“Sifat salat Nabi menurut empat mazhab itu ada yang berbeda dan ada juga yang disepakati kesamaannya, berdasarkan riwayat yang sampai kepada mereka. Tugas kita adalah bagaimana mengamalkan ibadah salat sesuai dengan pendapat yang kita yakini dari empat mazhab tersebut”, ungkapnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan peserta ini semakin antusias dengan diskusi interaktif pada sesi tanya jawab yang mengupas tuntas tentang sifat ibadah salat Nabi dan permasalahan-permasalahan di dalamnya.

Di akhir kegiatan, panitia pelaksana membagikan doorprize kepada tiga peserta terpilih yang aktif mengikuti kegiatan hingga acara berakhir.