Hingga akhir tahun 2023, Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar telah mengelola 7 (tujuh) jurnal ilmiah melalui platform Open Journal System (OJS). Dari jumlah tersebut, sebanyak 4 (empat) jurnal telah terakreditasi Science and Technology Index (SINTA) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dengan peringkat Sinta 3 sebanyak 1 jurnal, Sinta 4 sebanyak 1 jurnal, Sinta 5 sebanyak 2 jurnal, dan 3 jurnal berstatus jurnal nasional ber-ISSN dan sementara dalam proses pengajuan akreditasi. Jurnal-jurnal tersebut akan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya fakultas atau program studi baru di STIBA Makassar di masa-masa yang akan datang. Per akhir Desember 2023, melalui jurnal-jurnal tersebut, STIBA Makassar telah menerbitkan 18 edisi, dengan jumlah publikasi artikel sebanyak 129 artikel (lihat Grafik 1). Tentu saja hal ini adalah pencapaian yang patut disyukuri dan diapresiasi.

Grafik 1. Jumlah Edisi Terbitan dan Publikasi Artikel Rumah Jurnal STIBA Makassar Periode Tahun 2023

Kepala P3M STIBA Makassar, Dr. Khaerul Akbar, menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan agar mutu jurnal-jurnal ilmiah di lingkungan STIBA Makassar terus meningkat. “Kita akan berupaya mewujudkan jurnal-jurnal potensial agar dapat terindeks di pengindeks bereputasi internasional seperti Scopus dan Web of Science, sesuai dengan Rencana Strategis institusi,” terangnya, Jumat (22/12). Khaerul menambahkan bahwa pimpinan STIBA Makassar sangat perhatian dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah para dosen dan civitas academica. “Untuk publikasi ilmiah ini, pimpinan STIBA Makassar terus berupaya menyediakan sarana, fasilitas, dan penganggaran yang memadai,” pungkasnya.

Peringkat Publikasi Ilmiah Dosen STIBA Makassar di jurnal-jurnal ilmiah, baik internasional bereputasi (terindeks Scopus), internasional, dan nasional terakreditasi berdasarkan data di SINTA Kemenristekdikti dan Akun Google Scholar Publikasi Dosen juga menunjukkan perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Hingga saat ini, telah terdapat 9 (sembilan) dokumen publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi (Terindeks Scopus dan Web of Science) dan 641 dokumen publikasi yang tersebar di jurnal-jurnal internasional dan Nasional.

Peningkatan jumlah publikasi ilmiah di atas, juga berjalan paralel dengan peningkatan jumlah kutipan/sitasi terhadap artikel-artikel yang dipublikasikan oleh para Dosen STIBA Makassar di berbagai jurnal ilmiah (nasional maupun internasional). Berdasarkan data dari SINTA yang bersumber dari Google Scholar, terlihat peningkatan sitasi yang signifikan dari tahun ke tahun sebagaimana digambarkan pada gambar Grafik 2. Hingga saat ini, jumlah kutipan/sitasi sebanyak 2252 sejak tahun 2018.

Grafik 2. Perkembangan Jumlah Sitasi terhadap Artikel Dosen STIBA Makassar

Dari aspek kebijakan, pada tahun 2022 dan 2023, pimpinan STIBA Makassar melalui Kepala P3M telah melakukan terobosan penting dengan mengalokasikan dana stimulus sebagai apresiasi atau penghargaan kepada para penulis yang telah memublikasikan artikelnya di jurnal-jurnal ilmiah. Stimulus seperti ini tentu sangat penting sebagai penyemangat dosen di lingkungan STIBA Makassar untuk memublikasikan artikelnya di jurnal-jurnal ilmiah, utamanya di jurnal internasional bereputasi.  Harapannya adalah agar kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah para Dosen STIBA Makassar terus meningkat di masa-masa akan datang, seiring dengan upaya mewujudkan cita-cita sebagai kampus riset terkemuka di bidang kajian Islam di Indonesia.