(P3m.stiba.ac.id) Makassar – Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STIBA Makassar telah menggelar kegiatan Sharing Session dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Artificial Intelligence” pada Sabtu (30/12/2023). Kegiatan ini berlangsung secara daring dan diikuti oleh sekitar 50 Dosen STIBA Makassar.

Dalam sambutannya membuka kegiatan ini, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D., selaku Ketua STIBA Makassar, menyampaikan apresiasi kepada P3M yang telah berupaya menghadirkan terobosan berupa kegiatan-kegiatan yang terus update, seperti kegiatan ini, dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas penelitian dan publikasi ilmiah di lingkungan STIBA Makassar.

Tampil sebagai narasumber kegiatan ini, Dr. Fahmi Gunawan, M.Hum., menyampaikan materi mulai dari pengenalan Artificial Intelligence (AI), pemanfaatannya dalam dunia pendidikan, hingga etika penggunaan AI. Beliau juga memberikan tips agar peserta dapat memaksimalkan potensi AI untuk membantu proses penulisan artikel ilmiah.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait optimalisasi tools AI dan implementasinya dalam penelitian. Para peserta menyambut positif kegiatan ini sebagai upaya peningkatan kuantitas dan kualitas karya ilmiah.

Dengan digelarnya kegiatan ini, P3M berharap optimalisasi penggunaan AI dalam penelitian dan penulisan artikel ilmiah dapat semakin meningkat di kalangan Dosen STIBA Makassar.